Rabu, 12 Oktober 2011

SOAL-SOAL PERTANYAAN + JAWABAN


1.  Apa yang di maksud dengan sejarah internet ?
Jawab :   Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
2.  Coba sebutkan perangkat keras pendukung akses internet ?
Jawab :    1.hub/ switch
                  2.Repeater
                  3.Brige
                  4.Router

3.  Sebutkan Perangkat keras dan fungsinya untuk akses internet ?

            Jawab :          1.Komputer (Sudah tentu :D)
2.Modem(Modulator Demodulator)
3.Saluran telpon 

4.  Apa yang di maksud dengan Domain Name System (DNS) ?

          Jawab :       Sistem Penamaan Domain ; SNR (bahasa Inggris: (Domain Name System; DNS) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet.

5.  Apa yang di maksud dengan Internet dalam jaringan lokal ?

          Jawab :       LAN nirkabel (bahasa Inggris: Wireless LAN) adalah suatu jaringan area lokal nirkabel yang menggunakan gelombang radio sebagai media tranmisinya: link terakhir yang digunakan adalah nirkabel, untuk memberi sebuah koneksi jaringan ke seluruh pengguna dalam area sekitar. Area dapat berjarak dari ruangan tunggal ke seluruh kampus. Tulang punggung jaringan biasanya menggunakan kable, dengan satu atau lebih titik akses jaringan menyambungkan pengguna nirkabel ke jaringan berkabel.

 

 

 

6. Apa yang di maksud dengan badan pengatur standar internet ?

          Jawab :       Internet sebagai salah satu teknologi, tidak akan mungkin bisa berjalan dengan sendirinya kalau tidak ada badan yang mengaturnya. Badan pengatur internet ini adalah organisasi nirlaba yang dapat diikuti oleh siapa saja sebagai anggotanya.

7. Apa yang di maksud dengan Tata cara Akses Internet dan Localhost ?

          Jawab :       Penyelenggara jasa Internet (disingkat PJI) (Inggris: Internet service provider disingkat ISP) adalah perusahaan atau badan yang menyelenggarakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyelenggara jasa Internet.

8.  Coba sebutkan yang di maksud dengan Setting Modem Dial-up ?

                Jawab :                                 ·  Pastikan modem sudah terpasang dan terinstall caranya buka control panel > phone and modem options > pilih tab modems jika modem sudah terinstall maka akan muncul nama modemnya klo gak da install lagi aja

·  Buat koneksi internet baru  untuk dial up caranya masuk ke control panel > new connections > create a new connection > muncul new connection wizard > next

9. Apa yang di maksud dengan setting koneksi ke ISP ?

          Jawab :      

Cara yang mudah dan biasa saya gunakan adalah lewat : Start Menu \ Program \ Accessories \ Communication \ New Connection Wizard (Asumsi dengan Windows XP OS). Selanjutnya tekan tombol “Next“, Pilih “Connect to the Internet” kemudian “Next“, Pilih “Set up my connection manually” kemudian Next, Pilih “Connect using a dial-up modem” kemudian “Next“, Masukkan ISP Name (misalkan telkomnet), kemudian Masukkan Phone Number (Disini Anda mengisikan no dial up tadi, misal = 080989999), kemudian isikan username dan password sesuai petunjuk ISP.

 

 

10. Jelaskan apa peralatan untuk Koneksi Internet Melalui Handphone ?

Jawab :  1.Sebuah HP yang support GPRS, dan sudah bisa koneksi dengan GPRS.
2.Kartu telepon / sim card.
3.Personal computer boleh juga laptop.
4.Perangkat koneksi, dari HP ke PC. Boleh pakai kabel data, Bluetooth, atau IrDA (Infrared Data Adapter). Berikut dengan drivernya yang sudah diinstall. Pokoknya sudah bisa kirim-kiriman antara PC dan HP.
5.Tancapkan hanphone yang sudah aktif gprsnya (pastikan kondisi on) dengan kabel data ke usb komputer anda. Bila file driver telah ada di komputer maka secara otomatis akan mendeteksi dengan sendiri. bila tidak lakukan penginstalan driver secara manual.

11. Apa yang di maksud dengan Cara Akses Internet Dan Localhost ?

          Jawab :       Internet Service Provider
Internet Service Provider adalah suatu perusahaan yang menyediakan layanan jasa akses ke internet baik untuk personal maupun corporate, untuk computer pribadi atau dalam bentuk jaringan.

12. Sebutkan Jenis-jenis koneksi yang diberikan oleh ISP ?

          Jawab :      

IP connection
Jika semua hardware dan software yang kita punya ingin secara langsung terkoneksi ke internet, maka kita harus menggunakan IP address.
Dial-up connection.
Jika kita menggunakan modem untuk dial ke ISp supaya mendapatkan koneksi ke internet, maka hal itu disebut akses dial-up.
Berdasarkan sifatnya, ISP dibagi menjadi dua, yaitu :
ISP Tertutup
adalah ISP yang memberikan layanan akses internet hanya pada jaringan lokal
dalam lembaga yang bersangkutan.
ISP Terbuka

Adalah ISP yang memberikan layanan akses internet untuk masyarakat luas.

13. Ada beberapa Sistem perhitungan biaya berlangganan akses Internet ISP dibagi menjadi tiga kategori, yaitu:

Jawab :  1 .    Volume Based
adalah perhitunagn biaya akses Internet yang bergantung pada jumlah data yang diambil dari Internet.
  1. Time Based
adalah perhitunagn biaya akses internet yang bergantung pada waktu yang digunakan dalam mengakses Internet.
  1. Flat Rate?Unlimited

adalah perhitungan biaya akses Internet yang tidak bergantung kepada jumlah data yang diambil atau waktu akses Internet.

14. Jelaskan apa yang di maksud dengan layanan ISP ?

            Jawab :            ISP berkembang berdasarkan kebutuhan pengguna untuk dapet mengakses Onternet secara mudah dimanapun mereka berada.ISP berusaha memberikan layanan secara maksimal. Layana ISP tersebut adalah :
1. Dial-up
Adalah layanan akses Internet dengan menggunakan modem dial-up yang dihubungkan pada line telepon.
Penggunaan akses dial-up diagi menjadi empat, yaitu :
- Personal dial-up
- Corporate dial-up
- Night Server Access
- LAN dial-up ISDN
2. Mobile Access
adalah layanan akses Internet melalui telepon seluler.
3. Hotspot
adalah layana akses Internet pada lokasi-lokasi tertentu.
4. Wireless
adalah layanan akses Internet tanpa kabel.
5. Dedicated Connection
adalah layanan akses Internet 24 jam setiap hari selama 7 hari.

15. Apa yang dimaksud dengan Setting Modem Dial-UP ?

          Jawab :      Perangkat keras untuk akses Internet harus telah diinstall pada computer sebelum melakukan koneksi ke ISP. Apabila modem yang digunakan adalah modm internal, pasangkan dulu modem tersebut pada slot ekspansi yang terdapat pada mainboard. Apabila modem yang digunakan adalah modem eksternal, hubungkan terlebih dahulu kabel modem pada communication port dan aktifkan modem.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar