Minggu, 02 Oktober 2011

setting koneksi ke ISP

Koneksi internet secara dial up sepertinya baru kita dengar ketika Telkom mengeluarkan produk telkomnet instant-nya dengan nomor dial up 080989999. Cukup dengan memiliki modem yang terhubung dengan PC dan line telepon, kita dengan mudah tinggal plug n pray (tancapkan dan berdo’alah, semoga koneksi bisa langsung nyambung) :D . Wah mana bisa?! Setelah ditancapkan, kita harus membuat koneksi dial up. Cara yang mudah dan biasa saya gunakan adalah lewat : Start Menu \ Program \ Accessories \ Communication \ New Connection Wizard (Asumsi dengan Windows XP OS). Selanjutnya tekan tombol “Next“, Pilih “Connect to the Internet” kemudian “Next“, Pilih “Set up my connection manually” kemudian Next, Pilih “Connect using a dial-up modem” kemudian “Next“, Masukkan ISP Name (misalkan telkomnet), kemudian Masukkan Phone Number (Disini Anda mengisikan no dial up tadi, misal = 080989999), kemudian isikan username dan password sesuai petunjuk ISP.
Nah, cara di atas adalah cara umum yang dilakukan bila koneksi dilakukan dengan modem internal maupun external untuk fixed line. Namun dewasa ini banyak kita temui ponsel – ponsel yang bisa digunakan pula sebagai modem. Tentunya ini juga berkaitan erat dengan kemampuan ponsel untuk browsing internet yang pastinya harus ada modem. Dengan modem ponsel, berarti koneksi internet dilakukan dengan teknologi wireless broadband. ISP dalam hal ini adalah operator seluler dari SIM atau RUIM card yang kita gunakan dalam ponsel. Nah, ada banyak beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghubungkan PC dengan modem ponsel. Seringkali teman – teman saya kebingungan cara menghubungkannya dengan mudah, ada pula yang bersusah payah dengan instalasi PC Suite yang rasanya tidak perlu. Sebenernya bagaimana sih cara mudahnya, mari kita kupas bersama.
Continue Anyway
Continue Anyway
Yang Anda butuhkan sebenarnya cuma kabel data dan driver modemnya. Siapkan kabel data kemudian tancapkan pada PC dan Ponsel. Ketika terhubung biasanya PC akan meminta driver-driver yang dibutuhkan, contohnya driver modem dan data modem. Kemudian masukkan CD drivernya ke dalam CD ROM dan biarkan PC mencari driver modemnya secara otomatis. Ketika ditemukan biasanya ada peringatan, pilih saja “continue anyway“, maka proses instalasi driver akan dilakukan. Ikuti saja petunjuknya hingga semua driver terpasang di dalam PC. Nah, setelah proses selesai ini berarti PC dan Ponsel sudah terhubung.
Modem HSDPA Telkomsel Flash
Modem HSDPA Telkomsel Flash
Pada Ponsel, buatlah “data account” untuk koneksi, misalkan untuk produk Telkomsel Flash. Buatlah data account dengan nama “Flash” dengan APN = “internet“. Sedangkan username dan password silahkan Anda kosongi saja. Kemudian Anda simpan. Setelah disimpan, Anda mungkin menemukan satu data account atau beberapa data account di ponsel Anda. Misalkan pada ponsel saya ada 5 data account dengan urutan : AXIS, AXISMMS, Flash, indosatmms, indosatgprs. Kelimanya memiliki nomor “EID” (external ID) sesuai urutannya. Nomor ini bisa Anda lihat dengan membuka properties data account atau menghitungnya dari daftar yang ada. Sehingga bisa kita ketahui bahwa untuk data account “Flash” adalah nomor 3. Ingat – ingatlah nomor ini.
Berikutnya, pada PC yang telah terhubung dengan Ponsel tadi, buatlah koneksi dial up seperti di awal tulisan dengan mengubah nomor dial up seperti ini “*99***3#“. Mungkin ada yang bertanya, nomornya harus begitu yah?? Saya sendiri tidak tahu darimana asalnya, tetapi setelah saya coba – coba, ternyata bisa digunakan pada banyak ponsel, misalnya Sony Ericsson dan Nokia. Yang sifatnya dinamis dari nomor itu adalah angka “3“. Angka ini bisa diisi dengan nomor EID data account yang mengubungkan kita ke internet. Jadi kalau nomor EIDnya 1 berarti “*99***1#“, kalau EID-nya 7 berarti “*99***7#“.
Nah, mudah sekali bukan. jadi Anda tidak perlu sampe melakukan instalasi PC Suite yang dirasa terlalu banyak dan jarang digunakan bila hanya ingin bisa koneksi ke internet.

PERTANYAAN 
1. Apa singkatan dari ISP ?
a. internet service provider
b. interner setting ptovider
c. internet setting prosedur


2. Berapa langkah langkah setting modem dial-up?
a. 2
b. 7
c. 6
d. 5

3. Ada berapa macam layanan ISP ?
a. 5
b. 4
c. 6
d. 7

4. Apa saja yang di perlukan dalam koneksi melaui handphone?
a. handphone
b. modem
c. hotspot
d. IP connection

5. Apa jenis-jenis koneksi yang di berikan ISP?
a. volume based
b. wireles
c. dial-up connection
d. mobile accses

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar